Tips Membeli Mobil Sport, Jangan Asal Pilih!

Sport Car bukanlah mobil biasa seperti yang kita lihat di jalanan sehari-hari. Mobil Sport adalah mobil yang dirancang khusus untuk memiliki kecepatan di atas rata-rata dengan menerapkan siluet bodi mengesankan.

Segala hal yang disematkan pada mobil ini memang ditonjolkan untuk memanfaatkan fungsi aerodinamis.

Tak salah apabila mobil Ultra High-End ini dibanderol dengan harga sangat tinggi karena segala fitur sudah tersemat lengkap untuk meningkatkan sensasi berkendara kalian.

Sehingga benar saja bahwa mobil ini hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang saja. Karena itulah, di bawah ini kami akan berikan tips membeli mobil sport untuk kalian.

1.Membeli baru atau bekas? Desain Eksotis atau Kecepatan?

Membeli baru atau bekas? Desain Eksotis atau Kecepatan?

Jika masalah dana bukan menjadi hambatan untuk kalian maka tak ada salahnya untuk membeli mobil Sport baru.

Lakukan riset dan cari tahu, model yang memiliki tingkat depresiasi rendah. Siapa tahu, beberapa tahun ke depan kalian ingin ganti mobil lagi sehingga harga jualnya tidak turun jauh.

Jika kalian memiliki dana terbatas, ada baiknya kalian membeli mobil Sport bekas. Pastikan dahulu sejarah dari mobil tersebut seperti halnya dokumen resmi, catatan keluar masuk bengkel, berapa pajak yang dibayar setiap tahunnya dan berbagai hal penting lainnya.

Memang setiap mobil Sport punya kecepatan di atas rata-rata dibanding kategori mobil lainnya. Jika kalian menyukai kecepatan dan siap dengan segala resikonya, mobil Sport berkecepatan tinggi bisa menjadi pilihan seperti Lamborghini Aventador, Ferrari LaFerrari ataupun Bugatti Veyron.

Mobil-mobil tersebut memang didesain untuk memiliki kecepatan mengesankan yang rata-rata berhasil menempuh 0-100 Km / Jam di kisaran 3 detik saja.

Bagi kalian yang menggunakannya untuk kegiatan jalan-jalan di kota dan siap jadi pusat perhatian, kalian bisa memilih mobil Sport dengan wajah eksotis.

Di pasaran, semua perusahaan otomotif memiliki unsur desain eksterior yang berbeda-beda seperti mengusung konsep stylish, agresif atau lebih sopan. Namun kembali lagi, itu semua tergantung selera masing – masing peminatnya.

2.Membutuhkan skill berkendara mumpuni dan Perhitungkan masalah biaya tambahan

Membutuhkan skill berkendara mumpuni dan Perhitungkan masalah biaya tambahan

Menjinakkan Sport Car bukanlah perkara mudah bagi pengendara mobil-mobil pada umumnya. Karena perbedaan mesin yang lebih mumpuni, setiap injakan pedalnya terasa menggigit serta setir yang cenderung lebih responsif.

Sebelum mengendarainya, pastikan kalian mencari informasi dari profesional dan mulai beradaptasi dengannya.

Jujur saja, mobil ini sejatinya tidak begitu aplikatif untuk digunakan sehari-hari dengan kondisi jalanan yang masih buruk.

Apalagi di negara Indonesia yang banyak sekali ditemui ‘polisi tidur’ di banyak tempat. Pastikan kalian mempelajari setiap rute jalanan yang  mulus sebelum mengendarainya. Pasalnya, mobil Sport memiliki Ground Clearance yang cukup rendah.

Sebelum membelinya, pastikan kalian melakukan perhitungan biaya baik dalam hal asuransi, perawatan hingga pajak setiap tahunnya.

Tentu dalam hal ini, perencanaan biaya membeli mobil Sport menjadi hal sangat penting. Nah, jika semua biaya tambahan masih terasa seimbang dengan dana yang kalian miliki, kalian hanya tinggal persiapkan tanggal untuk membelinya.

3.Kelengkapan Surat dan Masalah Yang Sering Muncul

Kelengkapan Surat dan Masalah Yang Sering Muncul

Saat akan membeli mobil sport bekas, pastikan bahwa surat-surat kelengkapan seperti STNK dan BPKB berada di tangan sang penjual.

Jangan sampai mobil pilihan kalian memiliki masalah legalitas. Bila tidak ada surat yang sah, tidak ada yang dapat menjamin apakah mobil tersebut barang selundupan atau bukan.

Umumnya mobil sport yang tidak dilengkapi surat sah atau bodong, dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Dalihnya, harga murah tersebut diberikan sebagai diskon. Kalian patut curiga apabila ada yang menawarkan mobil demikian!

Sama seperti mobil pada umumnya, beberapa mobil sport ternyata mempunyai kelemahan nya masing-masing, oleh karena itu lakukan riset secara mendalam sebelum memilih mobil sport bekas idaman kalian.

Contohnya, ada beberapa mobil sport kelas premium yang kerap bermasalah pada aki. Mengapa demikian?

Hal ini berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil yang sudah menggunakan teknologi komputer. Teknologi yang dimilikinya membuat mobil-mobil jenis ini membutuhkan stand by power agar sistem listrik bisa menyala, sedangkan mobil sport pada umumnya jarang digunakan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat ingin membeli mobil sport. Semoga bermanfaat.